Foto D.O. EXO Diedit Wajah Gibran, K-Popers Mengadu ke Agensi di Korea

Foto D.O. EXO Diedit Wajah Gibran

Pendukung penyanyi dan aktor Korea, D.O. EXO mengamuk usai mendapatkan foto idolanya diedit dan diganti bersama muka calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka atau Gibran. Foto editan itu apalagi digunakan sebagai baliho untuk kepentingan kampanye.

Foto D.O Diedit Wajah Gibran Dipadukan bersama Gaya Dilan

Ada tiga foto Doh Kyung Soo, nama lahir D.O. EXO diedit bersama menempatkan muka Gibran untuk kepentingan kampanye. Dua foto disita sementara member EXO ini membintangi drama Korea, 100 Days My Prince pada 2018. Satu foto lagi, gaya kasual D.O didalam pemotretan dan diadukan ala gaya Dilan di serial film Dilan.

Pengedit foto-foto D.O bersama Gibran ini adalah Galih Prasetya, yang keluar di account TikToknya. Ia mengunggah foto-foto editan itu di account TikToknya pada 3,4,5 Januari 2024. Beberapa materi editannya ini digunakan sebagai baliho dan dipasang di jalanan, yang tidak disebutkan lokasinya di mana. Dari account ini diketahui, Galih merupakan pendukung paslon nomor urut 2.

Seorang penggemar D.O. Kyung Soo, @purplegreendks menginisiasi EXO-L, sebutan fandom EXO untuk mengirimkan e-mail secara massal ke SooSoo Company. Tempo sudah meraih izin berasal dari pemilik account untuk menuliskan kasus ini.

Minta SooSoo Company Menindak

“Dear @companysoosoo_. Kami berharap tindakan hukum berasal dari CSS sehingga memberi salam seluruh partai politik yang menyalahgunakan foto/video artis berasal dari SooSoo Company untuk kepentingan kampanye. Kami mau seluruh artis berasal dari SooSoo Company tidak boleh terlibat didalam politik, baik di didalam maupun di luar negeri,” tulis @purplegreendks di account X, Jumat, 19 Januari 2024.

Terkini: Abdee Slank Mundur berasal dari Telkom Setelah Dukung Ganjar-Mahfud, Pabrik Chandra Asri Alami Gangguan Bikin Polusi di Cilegon Baliho Gibran dan Dilan manfaatkan foto D.O. EXO. Foto: Twitter. Langkah ini diikuti EXO-L lainnya. Mereka beramai-ramai mencuitkan pesan yang dimaksudkan SooSoo Company, manajemen yang didirikannya untuk mengurus aktivitasnya sebagai penyanyi solo dan aktor.

“SooSoo Company, kami menghendaki memberitakan bahwa calon wakil presiden Indonesia, Gibran Rakabuming Raka sudah manfaatkan gambar artis perusahaan SooSoo Company didalam materi promosi pemilu tanpa persetujuan yang sesuai. Kami berharap Anda menyita tindakan hukum sesuai keinginan Anda,” tulis @SOOSOOprotect yang diunggah ulang @purplegreendks.

Mention Gibran sehingga Tegur Kreator Konten

EXO-L termasuk menuntut pencopotan baliho yang memajang muka Gibran didalam badan Doh Kyung Soo. “Ini terlalu gila @gibran_tweet. Copot semua!!! Ini apa masih ada!!” tulis @930***.Tak cuma menuntut pencopotan, @purplegreendks termasuk me-mention Gibran sehingga memberi salam pendukungnya.

Baca Juga: https://cngadget.info/jadi-pemandi-jenazah-di-film-terbaru-ini-yang-dilakukan-aghniny-haque/

“Mas @gibran_tweet yang terhormat, tolong seenggaknya kasih teguran ke mas Galih yang pasang itu semua. Dari kami sudah ingetin ga diwaro, ga ditanggepin. Cuitan-cuitan termasuk dicuekin serupa mas Galih itu. Sekarang sudah hingga penggemar Korea beritanya. Malu atuh kalo hingga CSS segera yang negur,” cuitnya.

Kepada Tempo, @purplegreendks menyatakan alasannya mengajak EXO-L mengirimkan surat ke SooSoo Company. “Maksud dan tujuan pengiriman massal e-mail adalah cuma untuk melaporkan konten kreator (pendukung paslon) yang laksanakan penyalahgunaan foto/video/nama artis didalam lingkup politik yang serupa sekali bukan ranahnya,” tulisnya melalui pesan langsung.